Selasa, 30 Juni 2015

Hubungan Sabda Nabi Besar Muhammad Saw.: "Perbedaan Pendapat Umatku Adalah Rahmat" dengan Hikmah Keberagaman Manusia Dalam Segi Ras, Warna Kulit dan Bahasa



بِسۡمِ اللّٰہِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِیۡمِ



Khazanah Ruhani Surah Al-Ankabūt


Bab 89

Hubungan Sabda Nabi Besar Muhammad Saw.: “Perbedaan Pendapat Umatku adalah   Rahmat” dengan Hikmah Keberagaman Manusia Dalam  Segi Ras, Warna  Kulit dan  Bahasa
 
 Oleh

Ki Langlang Buana Kusuma

D
alam bagian akhir Bab sebelumnya telah dibahas  mengenai  pentingnya  para  pengambil keputusan dan penegak hukum melaksanakan larangan Allah Swt.  tidak  mengikuti “hawa-nafsu” dan memerintahkan “berlaku adil” dalam hal  menjatuhkan   fatwa atau penghakiman  berkenan masalah perbedaan mau pun perselisihan pendapat, sehingga Allah Swt. secara khusus berfirman kepada Nabi Daud a.s.  -- karena beliau bukan hanya seorang rasul Allah tetapi juga seorang raja duniawi  di kalangan Bani Israil  -- yang di tangan beliau wewenang memutuskan berbagai perkara agama mau pun dunia,   firman-Nya:
یٰدَاوٗدُ  اِنَّا جَعَلۡنٰکَ خَلِیۡفَۃً فِی الۡاَرۡضِ فَاحۡکُمۡ بَیۡنَ النَّاسِ بِالۡحَقِّ وَ لَا تَتَّبِعِ الۡہَوٰی فَیُضِلَّکَ عَنۡ سَبِیۡلِ اللّٰہِ ؕ اِنَّ الَّذِیۡنَ یَضِلُّوۡنَ عَنۡ سَبِیۡلِ اللّٰہِ  لَہُمۡ عَذَابٌ شَدِیۡدٌۢ بِمَا نَسُوۡا یَوۡمَ الۡحِسَابِ  ﴿٪ ﴾
“Hai Daud, sesungguhnya Kami telah menjadikan engkau khalifah di bumi maka hakimilah di antara manusia dengan benar dan janganlah mengikuti hawa nafsu karena ia akan menyesatkan engkau dari jalan Allah.” Sesungguhnya orang-orang yang tersesat dari jalan Allah bagi mereka ada azab yang sangat keras karena mereka  melupakan Hari Perhitungan (Ash-Shād [38]:27).
        Walau pun yang dirujuk ayat tersebut adalah Nabi Daud a.s., tetapi sebenarnya tertuju kepada Nabi Besar Muhammad saw., yang dalam wujud suci beliau saw. terhimpun  semua  keutamaan pribadi (akhlak dan ruhani) para rasul Allah --  yang dalam kenyataannya apa yang dilakukan oleh beliau saw. jauh lebih sempurna daripada apa pun yang pernah dilaksanakan oleh para rasul Allah sebelumnya.
      Itulah sebabnya Nabi Besar Muhammad saw. mendapat gelar Khātaman-nabiyyīn,  yakni puncak kesempurnaan akhlak dan ruhani para nabi, -- firman-Nya:
مَا کَانَ مُحَمَّدٌ اَبَاۤ  اَحَدٍ مِّنۡ رِّجَالِکُمۡ وَ لٰکِنۡ رَّسُوۡلَ اللّٰہِ وَ خَاتَمَ  النَّبِیّٖنَ ؕ وَ  کَانَ اللّٰہُ  بِکُلِّ شَیۡءٍ عَلِیۡمًا ﴿٪﴾
Muhammad bukanlah bapak salah seorang laki-laki di antara laki-laki  kamu, akan tetapi ia adalah Rasul Allah  وَ خَاتَمَ  النَّبِیّٖنَ  -- dan meterai sekalian nabi,  dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu  (Al-Ahzāb [33]:41).
    Khātam berasal dari kata khatama yang berarti: ia memeterai, mencap, mensahkan atau mencetakkan pada barang itu. Inilah arti-pokok kata itu. Adapun arti kedua ialah: ia mencapai ujung benda itu; atau menutupi benda itu, atau melindungi apa yang tertera dalam tulisan dengan memberi tanda atau mencapkan secercah tanah liat di atasnya, atau dengan sebuah meterai jenis apa pun.
      Khātam berarti juga sebentuk cincin stempel; sebuah segel, atau meterai dan sebuah tanda; ujung atau bagian terakhir dan hasil atau anak (cabang) suatu benda. Kata itu pun berarti hiasan atau perhiasan; terbaik atau paling sempurna. Kata-kata khatim, khatm dan khatam hampir sama artinya (Lexicon Lane, Al-Mufradat, Al-Fath-ul-Bari, dan Zurqani).
        Dengan demikian kata khātaman nabiyyīn akan berarti: meterai para nabi; yang terbaik dan paling sempurna dari antara nabi-nabi; hiasan dan perhiasan nabi-nabi.  Arti kedua ialah nabi terakhir,  yakni nabi terakhir yang membawa syariat karena proses penyempurnaan syariat (QS.2:107) telah sampai pada puncak kesempurnaannya dalam wujud agama Islam (Al-Quran – QS.3:20 & 86 & QS.5:4; QS.22:78-79).

Penghakiman yang Dilakukan  Nabi Daud a.s. Mengenai “Sengketa Dusta” Para  Lawan Politik Beliau

       Bahwa kisah para rasul Allah dalam Al-Quran bukan merupakan “dongeng kaum purbakala”  -- sebagaimana tuduhan para penentang  Nabi Besar Muhammad saw. (QS.25:5-10)  -- melainkan di dalamnya penuh dengan petunjuk,    hikmah serta khazanah ruhani lainnya, contohnya adalah kisah Nabi Daud a.s. dalam masalah memutuskan “perselisihan” yang diajukan kepada beliau, sebagaimana dikemukakan dalam ayat-ayat sebelumnya, berikut firman-Nya kepada Nabi Besar Muhammad saw.:
وَ ہَلۡ  اَتٰىکَ نَبَؤُا الۡخَصۡمِ ۘ اِذۡ  تَسَوَّرُوا  الۡمِحۡرَابَ ﴿ۙ﴾  اِذۡ  دَخَلُوۡا عَلٰی دَاوٗدَ  فَفَزِعَ مِنۡہُمۡ  قَالُوۡا لَا تَخَفۡ ۚ خَصۡمٰنِ بَغٰی بَعۡضُنَا عَلٰی بَعۡضٍ فَاحۡکُمۡ  بَیۡنَنَا بِالۡحَقِّ  وَ لَا تُشۡطِطۡ وَ اہۡدِنَاۤ  اِلٰی سَوَآءِ  الصِّرَاطِ ﴿﴾  اِنَّ  ہٰذَاۤ  اَخِیۡ ۟ لَہٗ  تِسۡعٌ وَّ تِسۡعُوۡنَ نَعۡجَۃً  وَّ لِیَ نَعۡجَۃٌ  وَّاحِدَۃٌ ۟ فَقَالَ اَکۡفِلۡنِیۡہَا وَ عَزَّنِیۡ  فِی الۡخِطَابِ ﴿﴾
Dan sudahkah datang kepada engkau kabar mengenai orang-orang yang pura-pura bertengkar ketika  mereka itu memanjat dinding kamar pribadinya?  اِذۡ  دَخَلُوۡا عَلٰی دَاوٗدَ  فَفَزِعَ مِنۡہُمۡ  قَالُوۡا لَا تَخَفۡ   --  Ketika mereka masuk mendatangi Daud, lalu ia terkejut karena  mereka itu. Mereka berkata: “Janganlah takut, kami dua orang sedang bersengketa, kami berlaku zalim terhadap satu sama lain  فَاحۡکُمۡ  بَیۡنَنَا بِالۡحَقِّ    --  maka hakimilah di antara kami dengan keadilan, وَ لَا تُشۡطِطۡ وَ اہۡدِنَاۤ  اِلٰی سَوَآءِ  الصِّرَاطِ -- dan janganlah menzalimi kami dan tunjukilah kami ke jalan lurusاِنَّ  ہٰذَاۤ  اَخِیۡ ۟ لَہٗ  تِسۡعٌ وَّ تِسۡعُوۡنَ نَعۡجَۃً  وَّ لِیَ نَعۡجَۃٌ  وَّاحِدَۃٌ --       Sesungguhnya saudaraku ini memiliki sembilan puluh sembilan domba betina, dan aku  memiliki seekor domba betina, فَقَالَ اَکۡفِلۡنِیۡہَا وَ عَزَّنِیۡ  فِی الۡخِطَابِ   -- tetapi ia berkata: ‘Serahkanlah itu kepadaku,’ dan ia telah mengungguli diriku dalam pembicaraan.” (Ash-Shād [38]:22-24).
    Nampak dari sejarah bahwa meskipun kekuasaan Bani Israil telah mencapai puncaknya selama Nabi Daud a.s. dan Nabi Sulaiman a.s. memegang kekuasaan, namun para pengacau  di kalangan Bani Israil giat menimbulkan huru-hara dan perpecahan; demikian pula  tuduhan-tuduhan palsu kepada beliau-beliau dengan gencar dilancarkan dan disebarkan bahkan beberapa orang jahat pikiran berusaha membunuh Nabi Daud a.s.. Kepada percobaan membunuh Nabi Daud a.s.  serupa itulah yang diisyaratkan dalam ayat ini.

Kesiap-siagaan  dan Ketenangan Nabi Daud a.s.

   Dua orang musuh Nabi Daud a.s. memanjat dinding kamar pribadi beliau dengan niat menyergap beliau, tetapi ketika mereka melihat beliau berada dalam keadaan siap-siaga dan menyadari bahwa rencana mereka telah gagal, mereka berusaha menenangkan beliau dan berpura-pura  sebagai dua orang bersengketa dan telah datang meminta keputusan beliau dalam sengketa itu. Tetapi Nabi Daud  a.s. mengerti benar akan niat jahat mereka, dan oleh karena itu wajarlah kalau beliau merasa takut terhadap mereka.
   Jadi, ayat-ayat ini menunjuk kepada kisah dua orang yang berniat membunuh Nabi Daud a.s.; tatkala mereka melihat beliau dalam keadaan   bersiap-siaga, agaknya mereka telah mendapat akal seketika itu juga, dalam upaya mengelabui dan membelokkan pikiran beliau dari persangkaan buruk yang mungkin timbul pada beliau tentang mereka dan meredakan kekhawatiran beliau.
    Seandainya mau, Nabi Daud a.s. bisa saja membunuh kedua orang  tersebut, sebab beliau adalah seorang ahli dalam peperangan (QS.2:252) atau memanggil para penjaga istana, tetapi Nabi Daud a.s. tidak melakukan hal tersebut melainkan dengan tenang melayani “permainan buruk” mereka agar  mengetahui informasi  yang lebih lengkap lagi mengenai keadaan di lingkungan  pemerintahan beliau, firman-Nya:
قَالَ لَقَدۡ ظَلَمَکَ بِسُؤَالِ نَعۡجَتِکَ  اِلٰی نِعَاجِہٖ ؕ وَ اِنَّ کَثِیۡرًا مِّنَ الۡخُلَطَآءِ لَیَبۡغِیۡ  بَعۡضُہُمۡ عَلٰی بَعۡضٍ  اِلَّا الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَ قَلِیۡلٌ مَّا ہُمۡ ؕ وَ ظَنَّ دَاوٗدُ  اَنَّمَا فَتَنّٰہُ  فَاسۡتَغۡفَرَ رَبَّہٗ  وَ خَرَّ   رَاکِعًا وَّ  اَنَابَ ﴿ٛ﴾  فَغَفَرۡنَا لَہٗ  ذٰلِکَ ؕ وَ  اِنَّ  لَہٗ عِنۡدَنَا لَزُلۡفٰی وَ حُسۡنَ مَاٰبٍ ﴿﴾
Ia, Daud, berkata: “Sungguhnya ia benar-benar telah berlaku zalim terhadap engkau dengan meminta domba betina engkau untuk menambahkannya kepada domba-domba betinanya. Dan sesungguhnya banyak di antara orang-orang yang berserikat itu benar-benar berlaku zalim  sebagian terhadap sebagian lain, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih  tetapi mereka itu   sedi-kit.وَ ظَنَّ دَاوٗدُ  اَنَّمَا فَتَنّٰہُ    -- Dan Daud menyangka bahwa Kami telah menguji dia فَاسۡتَغۡفَرَ رَبَّہٗ  وَ خَرَّ   رَاکِعًا وَّ  اَنَابَ   --  maka ia memohon ampun kepada Rabb-nya (Tuhan-nya), dan ia merebahkan diri menyatakan kepatuhan dan menghadapkan diri kepada-Nya. Maka Kami mengampuni baginya hal itu, dan sesungguhnya ia be-nar-benar memiliki kedudukan yang dekat di sisi Kami dan sebaik-baik tempat kembali.  (Ash-Shād [38]:25-26). 
  Jadi,  Nabi Daud a.s.  tidak terkelabui oleh kedua perusuh berkedok sebagai orang-orang biasa yang sedang bersengketa, beliau memahami benar sandiwara itu. Meskipun beliau tidak kehilangan akal dan memberikan keputusan seperti seorang hakim yang sehat dan tenang pikirannya, tetapi beliau menyadari bahwa kewibawaan beliau atas kaum beliau telah melemah dan bahwa, meskipun tindakan pencegahan telah diambil, beliau sama sekali tidak aman terhadap rencana dan komplotan-komplotan jahat musuh beliau.

Menganggap Sebagai Peringatan  dari Allah Swt.  & Kutukan Nabi Daud a.s. dan Nabi Isa Ibnu Maryam a.s.

    Nabi Daud a.s. merasa bahwa peristiwa itu merupakan peringatan dari Allah Swt.  karena itu beliau menempuh jalan satu-satunya, seperti dilakukan orang-orang bertakwa  dalam keadaan demikian. Beliau mendoa kepada Allah Swt.  dan memohon perlindungan-Nya terhadap rencana-rencana dan komplotan-komplotan buruk musuh beliau.
    Ada pun sindiran yang terkandung di balik ceritera dusta  orang-orang yang bersengketa itu ialah, bahwa Nabi Daud a.s. itu seorang raja zalim yang memperluas kekuasaannya atas suku-suku bangsa tetangga yang kecil dan lemah. Itulah makna ayat: اِنَّ  ہٰذَاۤ  اَخِیۡ ۟ لَہٗ  تِسۡعٌ وَّ تِسۡعُوۡنَ نَعۡجَۃً  وَّ لِیَ نَعۡجَۃٌ  وَّاحِدَۃٌ --  Sesungguhnya saudaraku ini memiliki sembilan puluh sembilan domba betina, dan aku  memiliki seekor domba betina, فَقَالَ اَکۡفِلۡنِیۡہَا وَ عَزَّنِیۡ  فِی الۡخِطَابِ   -- tetapi ia berkata: ‘Serahkanlah itu kepadaku,’ dan ia telah mengungguli diriku dalam pembicaraan.”
  Ungkapan ghafarnā  lahu   dalam ayat selanjutnya dapat berarti  “Kami memberikan kepadanya perlindungan Kami,” atau “Kami bereskan urusan-urusannya” (Lexicon Lane). Kata-kata  “Ia mempunyai kedudukan akrab di sisi Kami dan sebaik-baik tempat kembali,” menunjukkan bahwa Nabi Daud a.s.  tidak menderita kerusakan akhlak atau kelemahan ruhani, dan dengan jitu sekali melenyapkan dan membinasakan tuduhan keji seakan-akan Nabi Daud a.s.  telah melakukan zina seperti dituduhkan Bible terhadap beliau (II Semuil 11:4-5).
   Dalam kisah Nabi Daud a.s. tersebut selain berisi pelajaran dalam hal  mengelola pemerintahan dan menghakimi suatu persengketaan, juga di dalamnya terkandung nubuatan  mengenai berbagai makar-buruk yang akan terjadi pula terhadap Nabi Besar Muhammad saw. berupa upaya pembunuhan yang akan dilakukan oleh golongan Ahli Kitab   di masa pemerintahan Nabi Daud a.s. dan Nabi Sulaiman a.s. (QS.2:103).
    Berbagai ketidak-bersyukuran atau kedurhakaan yang dilakukan  oleh orang-orang kafir di kalangan Bani Israil tersebut (QS.2:98-90) telah mengundang kutukan  terutama dari Nabi Daud a.s. dan Nabi Isa Ibnu Maryam a.s., firman-Nya:
لُعِنَ الَّذِیۡنَ کَفَرُوۡا مِنۡۢ بَنِیۡۤ  اِسۡرَآءِیۡلَ عَلٰی لِسَانِ دَاوٗدَ  وَ عِیۡسَی ابۡنِ مَرۡیَمَ ؕ ذٰلِکَ بِمَا عَصَوۡا وَّ کَانُوۡا یَعۡتَدُوۡنَ ﴿﴾  کَانُوۡا لَا یَتَنَاہَوۡنَ عَنۡ مُّنۡکَرٍ فَعَلُوۡہُ ؕ لَبِئۡسَ مَا کَانُوۡا یَفۡعَلُوۡنَ﴿﴾  تَرٰی کَثِیۡرًا مِّنۡہُمۡ یَتَوَلَّوۡنَ الَّذِیۡنَ کَفَرُوۡا ؕ لَبِئۡسَ مَا قَدَّمَتۡ لَہُمۡ اَنۡفُسُہُمۡ اَنۡ سَخِطَ اللّٰہُ عَلَیۡہِمۡ وَ فِی الۡعَذَابِ ہُمۡ خٰلِدُوۡنَ ﴿﴾  وَ لَوۡ کَانُوۡا یُؤۡمِنُوۡنَ بِاللّٰہِ وَ النَّبِیِّ  وَ مَاۤ اُنۡزِلَ اِلَیۡہِ مَا اتَّخَذُوۡہُمۡ اَوۡلِیَآءَ وَ لٰکِنَّ  کَثِیۡرًا  مِّنۡہُمۡ  فٰسِقُوۡنَ ﴿﴾
Orang-orang  yang kafir  dari kalangan Bani Israil telah   dilaknat oleh lidah Daud dan Isa ibnu Maryam,  hal demikian itu karena mereka senantiasa durhaka dan melampaui batas.   Mereka tidak pernah  saling mencegah dari kemungkaran yang di-kerjakannya, benar-benar sangat  buruk apa yang senantiasa  mereka ker-jakan.  Engkau melihat kebanyakan dari mereka menjadikan orang-orang kafir  sebagai  pelindung,  لَبِئۡسَ مَا قَدَّمَتۡ لَہُمۡ اَنۡفُسُہُمۡ اَنۡ سَخِطَ اللّٰہُ عَلَیۡہِمۡ وَ فِی الۡعَذَابِ ہُمۡ خٰلِدُوۡنَ  -- dan benar-benar sangat buruk apa yang telah  mereka dahulukan  bagi diri mereka   yaitu bahwa Allah  murka kepada mereka, dan di dalam azab inilah me-reka akan kekal. وَ لَوۡ کَانُوۡا یُؤۡمِنُوۡنَ بِاللّٰہِ وَ النَّبِیِّ  وَ مَاۤ اُنۡزِلَ اِلَیۡہِ  --    Dan seandainya   mereka beriman kepada Allah dan beriman kepada Nabi ini, dan kepada apa yang diturunkan kepadanya,  مَا اتَّخَذُوۡہُمۡ اَوۡلِیَآءَ وَ لٰکِنَّ  کَثِیۡرًا  مِّنۡہُمۡ  فٰسِقُوۡنَ -- mereka sekali-kali  tidak akan mengambil  orang-orang itu sebagai pelindung-pelindungnya,  tetapi kebanyakan mereka adalah orang-orang fasiq (durhaka). (Al-Māidah [79-82).

Dua kali Penghancuran Kota Yerusalem &  Makna “Nabi Itu

       Dari antara semua nabi Bani Israil, Nabi Daud a.s.   dan Nabi Isa Ibnu Maryam a.s.   tergolong paling menderita di tangan orang-orang Yahudi. Penzaliman orang-orang Yahudi terhadap Nabi Isa Ibnu Maryam a.s.   mencapai puncaknya, ketika beliau dipakukan pada  kayu salib, dan penderitaan serta kepapaan yang dialami oleh Nabi Daud a.s. dari kaum yang tak mengenal terima kasih itu, tercermin di dalam Mazmurnya yang sangat merawankan hati. Dari lubuk hati yang penuh kepedihan Nabi Daud a.s.  dan Nabi Isa Ibnu Maryam a.s. mengutuk mereka.
      Kutukan Nabi Daud a.s.  mengakibatkan orang-orang Bani Israil dihukum oleh Raja Nebukadnezar dari Babilonia yang menghancurluluhkan Yerusalem dan membawa orang-orang Bani Israil sebagai tawanan pada tahun 556 sebelum Masehi (QS.2:260; QS.17:5-6), sedangkan akibat kutukan Nabi Isa Ibnu Maryam a.s. mereka ditimpa bencana dahsyat, karena Titus dari kerajaan Romawi yang menaklukkan Yerusalem dalam tahun ± 70 Masehi, membinasakan kota dan menodai rumah-ibadah dengan jalan menyembelih babi — binatang yang sangat dibenci oleh orang-orang Yahudi — di dalam rumah-ibadah itu (QS.17:7-8).
      Salah satu di antara dosa-dosa besar yang membangkitkan amarah Tuhan atas kaum Yahudi ialah, mereka tidak melarang satu sama lain  terhadap kejahatan yang begitu merajalela di tengah-tengah mereka serta menjadikan orang-orang kafir sebagai pelindung sehingga Allah Swt. murka kepada mereka (ayat 80-81). 
      Ada pun Nabi yang dimaksudkan di dalam ayat 82  adalah Nabi Besar Muhammad saw., sebab manakala dalam Al-Quran kata An-Nabi dipergunakan, kata itu selalu merujuk kepada beliau saw.    Bahkan Injil pun menunjuk kepada beliau sebagai “Nabi itu” (Yohanes 1:21. 25), yakni, Nabi yang kedatangannya telah dikabarkan dalam Ulangan 18:18 itu.

Pentingnya Memiliki Ketakwaan Kepada Allah Swt.

    Jadi, kembali kepada masalah    fatwa atau keputusan yang benar dalam  menyelesaikan perbedaan atau pertentangan pendapat  dalam masalah agama mau pun dalam masalah dunia betapa pentingnya hakim yang berwenang menjatuhkan keputusan atau fatwa untuk  berlaku adil dan tidak mengikuti hawa-nafsu  -- disamping memiliki ilmu pengetahuan yang  memadai, terutama memiliki ketakwaan kepada Allah Swt., firman-Nya:
یٰۤاَیُّہَا الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا کُوۡنُوۡا قَوّٰمِیۡنَ بِالۡقِسۡطِ شُہَدَآءَ  لِلّٰہِ وَ لَوۡ عَلٰۤی اَنۡفُسِکُمۡ اَوِ الۡوَالِدَیۡنِ وَ الۡاَقۡرَبِیۡنَ ۚ اِنۡ یَّکُنۡ غَنِیًّا اَوۡ فَقِیۡرًا فَاللّٰہُ اَوۡلٰی بِہِمَا ۟ فَلَا تَتَّبِعُوا الۡہَوٰۤی اَنۡ تَعۡدِلُوۡا ۚ وَ اِنۡ تَلۡوٗۤا اَوۡ تُعۡرِضُوۡا فَاِنَّ اللّٰہَ  کَانَ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِیۡرًا ﴿﴾
Hai orang-orang yang beriman,   jadilah kamu penegak keadilan dan menjadi saksi karena Allahوَ لَوۡ عَلٰۤی اَنۡفُسِکُمۡ اَوِ الۡوَالِدَیۡنِ وَ الۡاَقۡرَبِیۡنَ --  walaupun bertentangan dengan diri kamu  sendiri  atau ibu-bapak dan kaum kerabat, baik ia orang kaya atau miskin,  فَاللّٰہُ اَوۡلٰی بِہِمَا -- tetapi  Allah lebih memperhatikan kepada keduanya,   فَلَا تَتَّبِعُوا الۡہَوٰۤی اَنۡ تَعۡدِلُوۡا   -- karena itu janganlah kamu menuruti hawa nafsu agar kamu dapat berlaku adil.   Dan  jika kamu menyembunyikan kebenaran atau menghindarkan diri maka sesungguhnya Allāh benar-benar Maha Me-ngetahui segala sesuatu yang kamu kerjakan (An-Nisā [4]:136).
Firman-Nya lagi:
یٰۤاَیُّہَا الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا کُوۡنُوۡا قَوّٰمِیۡنَ لِلّٰہِ شُہَدَآءَ  بِالۡقِسۡطِ ۫ وَ لَا  یَجۡرِمَنَّکُمۡ شَنَاٰنُ قَوۡمٍ عَلٰۤی اَلَّا تَعۡدِلُوۡا ؕ اِعۡدِلُوۡا ۟ ہُوَ  اَقۡرَبُ لِلتَّقۡوٰی ۫ وَ اتَّقُوا اللّٰہَ ؕ اِنَّ  اللّٰہَ  خَبِیۡرٌۢ  بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ ﴿﴾
Hai orang-orang yang beriman,  hendaklah kamu berdiri teguh karena Allah, dan menjadi saksi dengan adil,  وَ لَا  یَجۡرِمَنَّکُمۡ شَنَاٰنُ قَوۡمٍ عَلٰۤی اَلَّا تَعۡدِلُوۡا -- dan  janganlah kebencian sesuatu kaum mendorong kamu bertindak tidak adilاِعۡدِلُوۡا ۟ ہُوَ  اَقۡرَبُ لِلتَّقۡوٰی ۫ وَ اتَّقُوا اللّٰہَ ؕ اِنَّ  اللّٰہَ  خَبِیۡرٌۢ  بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ --  Berlaku adillah, itu lebih dekat kepada takwa, dan bertakwalah kepada  Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa pun  yang kamu kerjakan. (Al-Māidah[5]:9).

Hikmah Keberagaman Penciptaan Manusia

       Kembali kepada sabda Nabi Besar Muhmmad saw.  mengenai ikhtilāf  (perbedaan pendapat)   -- yakni beliau saw. bersabda “Perbedaan pendapat di kalangan umatku adalah rahmat” dan “Perbedaan pendapat   para sahabatku adalah rahmat bagi kalian”  -- sehubungan dengan hikmah dari  ikhtilāf  (perbedaan pendapat) tersebut, dapat dikemukakan qiyas yang   tepat yaitu mengenai  hikmah  diciptakan-Nya   keragaman manusia,  yaitu  لِتَعَارَفُوۡا  --  “supaya kamu dapat saling mengenal”, firman-Nya:
  یٰۤاَیُّہَا النَّاسُ  اِنَّا خَلَقۡنٰکُمۡ  مِّنۡ ذَکَرٍ وَّ اُنۡثٰی وَ جَعَلۡنٰکُمۡ شُعُوۡبًا وَّ قَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوۡا ؕ اِنَّ  اَکۡرَمَکُمۡ  عِنۡدَ اللّٰہِ  اَتۡقٰکُمۡ ؕ اِنَّ اللّٰہَ عَلِیۡمٌ خَبِیۡرٌ ﴿ ﴾
Hai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan, وَ جَعَلۡنٰکُمۡ شُعُوۡبًا وَّ قَبَآئِلَ  --  dan Kami telah menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku لِتَعَارَفُوۡا  -- supaya kamu dapat saling mengenal.   اِنَّ  اَکۡرَمَکُمۡ  عِنۡدَ اللّٰہِ  اَتۡقٰکُمۡ -- Sesungguhnya  yang paling mulia  di antara kamu di sisi Allah ialah yang paling bertakwa di antara kamu. اِنَّ اللّٰہَ عَلِیۡمٌ خَبِیۡرٌ  -- Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada  (Al-Hujurāt [49]:14).
       Syu’ub itu jamak dari sya’b, yang berarti: suku bangsa besar, induk suku-suku bangsa disebut qabilah, tempat mereka berasal dan yang meliputi mereka; suku bangsa (Lexicon Lane).
   Keberagaman umat  manusia dalam hal ras, warna kulit serta bahasa  tidak dapat disebut  pertentangan  di kalangan manusia melainkan  termasuk ikhtilaf (perbedaan), sebab  semua umat manusia   memiliki postur dan struktur tubuh yang sama, firman-Nya:
وَ مِنۡ اٰیٰتِہٖۤ  اَنۡ خَلَقَکُمۡ  مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ اِذَاۤ   اَنۡتُمۡ  بَشَرٌ  تَنۡتَشِرُوۡنَ ﴿﴾  وَ مِنۡ اٰیٰتِہٖۤ  اَنۡ خَلَقَ لَکُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِکُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡکُنُوۡۤا اِلَیۡہَا وَ جَعَلَ بَیۡنَکُمۡ  مَّوَدَّۃً  وَّ رَحۡمَۃً ؕ اِنَّ  فِیۡ ذٰلِکَ لَاٰیٰتٍ  لِّقَوۡمٍ  یَّتَفَکَّرُوۡنَ  ﴿﴾  وَ مِنۡ اٰیٰتِہٖ خَلۡقُ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضِ وَ اخۡتِلَافُ اَلۡسِنَتِکُمۡ وَ اَلۡوَانِکُمۡ ؕ اِنَّ فِیۡ ذٰلِکَ  لَاٰیٰتٍ  لِّلۡعٰلِمِیۡنَ ﴿﴾   
Dan dari antara Tanda-tanda-Nya ialah bahwa Dia menciptakan kamu dari debu kemudian  tiba-tiba kamu menjadi manusia yang bertebaran  di muka bumi.   Dan dari antara Tanda-tanda-Nya  ialah bahwa  Dia telah menciptakan bagi kamu jodoh-jodoh dari jenis kamu sendiri  supaya kamu memperoleh ketenteraman padanya, dan Dia telah menjadikan di antara kamu kecintaan dan kasih-sayang. اِنَّ فِیۡ ذٰلِکَ  لَاٰیٰتٍ  لِّلۡعٰلِمِیۡنَ  --  Sesungguhnya di dalam yang demikian itu ada Tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. وَ مِنۡ اٰیٰتِہٖ خَلۡقُ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضِ وَ اخۡتِلَافُ اَلۡسِنَتِکُمۡ وَ اَلۡوَانِکُمۡ  --   Dan dari antara Tanda-tanda-Nya adalah penciptaan seluruh langit dan bumi serta perbedaan bahasa kamu dan warna kulit kamu. اِنَّ فِیۡ ذٰلِکَ  لَاٰیٰتٍ  لِّلۡعٰلِمِیۡنَ --  Sesungguh-nya dalam yang demikian itu ada Tanda-tanda bagi mereka yang berilmu   (Ar-Rūm [30]:21-23).
       Jika dalam ayat 21 kita membaca: “Dia menciptakan kamu dari turāb (debu)”, maka di tempat lain manusia dikatakan telah diciptakan dari thīn, yakni tanah liat (QS.6:3; QS.17:62; QS.23:13; QS.32:8; QS.37:12; QS.38:72). Kejadian manusia dari debu atau tanah kering mengisyaratkan kepada tingkat kejadiannya yang mendahului pembentukannya dari tanah liat, mengisyaratkan kepada makanan manusia yang berasal dari tanah dan darinya tubuh manusia memperoleh jaminan hidupnya.
      Ayat ini memberikan tiga dalil untuk membuktikan adanya Tuhan yakni Allah Swt.:
    (a) Tuhan telah menciptakan manusia dari debu yang nampaknya tidak mempunyai hubungan dengan kehidupan dan tidak mempunyai sifat untuk memberikan kehidupan;
    (b) Dia telah menganugerahinya perasaan yang sangat halus dan telah menanamkan dalam fitratnya suatu hasrat dan kedambaan untuk mencapai kemajuan dan telah menganugerahkan kepadanya kecenderungan serta kemampuan-kemampuan mencapai tujuan yang diinginkannya;
       (c) Dia telah meletakkan dalam diri manusia keinginan untuk menyebar dan menguasai dunia dan telah memberikan kepadanya daya kekuatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan besar itu (QS.55:34).

(Bersambung)

Rujukan: The Holy Quran
Editor: Malik Ghulam Farid
***

Pajajaran Anyar, 27 Juni  2015      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar